Fakta Brutal dan Sisi Gelap di Balik Sistem Transfer Barcelona

Fakta Brutal dan Sisi Gelap Dibalik Sistem Transfer Barcelona

Berita Bola – Ada generasi unik dan istimewa dari akademi Barcelona yang hasilkan para pemain papan atas dunia seperti Lionel Messi, Andres Iniesta, Gerard Pique, Jordi Alba dan Sergio Busquets.

Klub lalu tambahkan talenta – yang juga papan atas – untuk mengisi beberapa area dalam skuad Barcelona yang perlu ditingkatkan. Mereka di antaranya Luis Suarez, Philippe Coutinho dan Ousmane Dembele.

Ada kedalaman serius untuk skuad ini yang akan memungkinkan para pemain Barcelona untuk bertarung di semua lini. Tapi, pertama-tama harus dilihat semua bisnis transfer yang pernah terjadi di klub raksasa Catalan tersebut.

Tanpa termasuk pemain yang masuk musim panas ini, yang semuanya akan memiliki tempat di skuad tim pertama, perlu dilihat apa yang terjadi sebelumnya. Sejak musim 2014/15 hingga 2017/18, sudah 22 pemain didatangkan Barca dengan harga bervariasi, yakni di kisaran 3,5 juta euro untuk Denis Suarez dan 140 juta euro untuk Dembele. Tapi, 12 di antara para pemain itu saat ini tidak lagi berada di klub. Lebih dari separuh pemain baru itu bahkan belum masuk kelas di Barcelona.

Musim 2014/15

Tetap di klub: Luis Suárez, Marc-Andre ter Stegen, Ivan Rakitic, Thomas Vermaelen.

Transfer ke klub lain: Jeremy Mathieu, Claudio Bravo, Douglas Santos.

Liga Spanyol – Melihat musim sebelumnya, ini menjadi jendela transfer dengan kinerja terbaik. Ini menjadi permulaan dari Luis Suárez, Rakitic dan Ter Stegen. Ketiganya bahkan menjadi tulang punggung tim bersama Andres Iniesta dan Messi, juga manajemen.

Tapi ada juga tanda tanya serius di jendela transfer ini. Barça membayar Valencia sebesar 20 juta euro untuk Jeremy Mathieu. Dia tetap di klub selama tiga tahun, tetapi gagal tampil sepanjang tiga tahun tersebut.

Dia akhirnya membatalkan kontraknya dan gabung ke Sporting CP dengan status bebas transfer. Selain itu, Claudio Bravo dan Douglas juga sudah pergi.

Claudio Bravo akhirnya ‘digulingkan’ Ter Stegen, tapi Douglas seakan mendapat bencana. Dia hanya bermain dalam delapan pertandingan resmi untuk Barcelona dan musim ini dipinjamkan ke Sivasspor.

Lalu, Thomas Vermaelen masih ada di klub tapi sebagai bek tengah keempat dalam skuad Blaugrana. Cedera selalu membuatnya berhenti menjadi lebih baik dan bisa diandalan.

Musim 2015/16

Transfer ke klub lain: Arda Turan, Aleix Vidal.

Karena larangan transfer yang diberlakukan FIFA, hanya dua pemain yang bergabung dengan Barcelona pada musim itu, yakni Arda Turan dan Aleix Vidal.

Mereka berdua harus menunggu enam bulan untuk memulai debutnya di bulan Januari, karena larangan tersebut. Tak ada dari kedua pemain itu yang memulai debutnya dengan baik di Camp Nou.

Bahkan dalam kasus Turan, yang didatangkan dengan ongkos hampir 35 juta euro, ia seakan tidak pernah menjejakkan kakinya di klub itu. Saat ini, Turan dipinjamkan ke Basaksehir hingga 2020 mendatang.

Sedangkan Aleix Vidal, telah kembali ke Sevilla musim panas ini untuk 8 juta euro. Luis Enrique dan Ernesto Valverde sama-sama telah mencoba memberi Vidal kesempatan, tapi untuk satu alasan dan lainnya ia tidak berhasil padu di Barcelona.

Musim 2015/16

Tetap di klub: Samuel Umtiti, Jasper Cillessen, Denis Suárez.

Ditransfer ke klub lain: Lucas Digne, André Gomes dan Paco Alcácer (gabung Borussia Dortmund dengan status pinjaman).

Bebas untuk datangkan siapa saja yang mereka inginkan, satu-satunya keberhasilan adalah transfer Samuel Umtiti. Selama ini , tidak ada yang berhasil memaksa masuk ke dalam rencana tim pertama secepat Umtiti.

Sementara Andre Gomes yang gabung dari Valencia dengan kesepakatan 35 juta euro, dan punya klausul yang termasuk di dalamnya ‘memenangkan Ballon d’Or’, pemain itu malah tidak bisa hadapi tekanan di Barca, hingga akhirnya ia dipinjamkan ke Everton musim panas ini.

Lalu, Lucas Digne yang juga telah bergabung dengan Everton, benar-benar pindah secara permanen setelah gagal menantang Jordi Alba untuk posisi di tim pertama. Setidaknya, dari sisi bisnis hal itu bukan benar-benar bencana. Pasalnya, Digne datang dengan transfer senilai 16,5 juta euro, tapi dilepas senilai 20,2 juta euro.

Sedangkan Cillessen dan Denis Suarez, saat ini tetap di klub walau peran mereka sebagian besar tidak jelas. Kiper asal Belanda itu sempat mendorong untuk pindah ke klub lain, karena ia ingin bermain lebih banyak dibandingkan hanya Copa del Rey.

Sedangkan Denis Suarez, terlepas dari bakatnya, ia belum bisa menyesuaikan diri di Barca.

Musim 2017/18

Tetap di klub: Philippe Coutinho, Ousmane Dembélé, Nelson Semedo

Ditransfer ke klub lain: Paulinho, Gerard Deulofeu, Yerry Mina, Marlon Santos.

Hampir tidak bisa dipercaya, dan pada saat yang sama sangat signifikan, bahwa empat dari tujuh pemain yang didatangkan Barca pada musim lalu, telah meninggalkan klub itu di awal musim ini.

Dan bagi mereka yang tetap tinggal, yakni Coutinho dan Dembele – yang telah habiskan uang dalam jumlah besar, tidak mendapat jaminan akan jadi starter. Sementara Semedo juga masih berada di belakang Sergi Roberto dalam urutan daftar permainan di posisi bek kanan.

Kesepakatan untuk Paulinho luar biasa. Dia didatangkan senilai 40 juta euro, lalu – hanya setahun kemudian, ia telah bergabung kembali dengan klub lamanya di China dengan status pinjaman.

Klub Guangzhou Evergrande bahkan punya peluang untuk mengubah kesepakatan itu menjadi permanen pada Januari tahun depan, dengan 50 juta euro. Sejujurnya, Paulinho tidak tampil buruk dalam aksi singkatnya di Barcelona musim lalu.

Yerry Mina juga menjadi kegagalan berikutnya, meskipun ia tampil gemilang bersama Timnas Kolombia di Piala Dunia 2018 dan berhasil membantu Barcelona keluar dari situasi sulit.

Dia mencetak tiga gol dan harganya meroket. Pada akhirnya, Barça mendapat untung 19 juta euro dari pemain yang tidak pernah tampil nyaman selama enam bulan berada di Camp Nou.

Lalu, Gerard Deulofeu dan Marlon Santos sama-sama gagal buktikan kelasnya di Barcelona. Marlon itu dijual ke Sassuolo seharga 6 juta euro.

Adapun Deulofeu, yang seperti Denis Suarez belum bisa masuk di Barca pada musim keduanya, bergabung dengan Watford seharga 13 juta euro musim panas ini.

Ikuti terus perkembangan info seputar Berita Bola hanya di visitorbet.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*